Tuesday, June 10, 2008
posted by tyasjune at 3:43 PM



*sebelumnya minta maaf ya , laporan di blognya terlambat...*


Tantangan KBB#5 : Banoffee Pies
Sampai juga kita di KBB#5. Dan tantangannya adalah..........PASTRY!

Sebelumnya belum pernah bikin, jadi awalnya sempet bingung jg bisa gay a menyelesaikan tantangan KBB kali ini, secara aku melewatkan tantangan KBB#4 karena kesibukan kantor yang bener2 menyita waktuku…cieee…..*alasan.com*

Ok, seperti biasa resep harus dipelajari dulu niy, kalo liat bahan2nya siy ga begitu rumit, ntah niy pelaksanaannya….tapi yg pasti asal ada waktu pasti deh kudu dan wajib dikerjain…

Resep Tantangan #5: Banoffee Pies
Sumber: Foodtown Magazine. October-November 2007; Cuisine Magazine, November 2002. dengan modifikasi resep pastry dan filling.
Tingkat Kesulitan: Menantang. Untuk 4-6 potong.
Pastry:
300g tepung terigu, 150g mentega tawar, iris dadu, 5 sdM gula, 2 kuning telur, 3 sdM air dingin
Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek). Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure). Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery. Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.
Note: jika tidak mempunyai food processor, tepung bisa dicampur dengan mentega pakai jari hingga berbentuk remah-remah hanya saja jangan diremas-remas. Gunakan ujung2 jari jika ingin mencampurkan tepung dengan mentega.
Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.
Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart.. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.
Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)
Filling
75g mentega, 50g brown sugar, 3 sdM susu, 300g SKM, 2 buah pisang matang tapi tidak lembek, 300ml krim, ½ -1 cup white chocolate curls atau parut.
Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).
Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart (boleh dengan cara mengolesi atau menyemprot dengan spuit, it's the time to use your imagination!) Taburkan coklat serut di atas krim.
Pelaksanaan :

1. Persiapan bahan kecuali Brown Sugar, Tyas ganti sama Palm Sugar, selebihnya sama dengan resep
2. Dari step pertama sampei pemanggangan lancar, cuman entah kenapa itu gula kelewat dimasukin, jadilah si piecrustnya hambar deh……..
3. Pengerjaan filling jg sama lancarnya, seneng banget deh….
4. Karena bikinnya pake cetakan pie kecil2 itupun cuman nyoba ½ resep jadinya 7 piece
5. Sukurlah rasa hambar di piecrust tertutup oleh legitnya filing, belum sempet dikasi krim dan dikasi hiasan lainnya, pie udah habis 3 piece setelah masuk kulkas yg belum bertahan hingga 2 jam, pada ga sabar kali ya……

Alhamdulillah..meskipun ngerjain cuman ½ resep tapi lancar, seneng loh bawaannya. Kalo ada kesempatan weekend ga kemana2 mau coba lagi, tentunya dengan décor yg lebih cantik lagi………..Semoga!!
 
1 Comments:


At 07 October, 2008, Anonymous Anonymous

Taqoballahu Minna Waminkum Ya... Karim....

Bunda... Maaf lahir bathin yaaaaacchh...

Btw Mana kue lebarannyaaaaaaaa :D