Monday, January 14, 2008
posted by tyasjune at 2:38 PM

kbb jan-feb 07

Tantangan KBB kali ini adalah membuat Pizza, secara ini salah satu makanan favorit (apa siy yg ga favorit buat Tyas?! hehehe), trus baca resep bahannya ga macem2 jadi semangat deh, meskipun pada kenyataannya ini resep baru bisa Tyas praktekan di minggu ke 2 setelah resep dikirim,,, Alhamdulillah segitu jg ya...semangat masih ada, hehehe.

cheese_pizza_2

awalnya sedikit males2 secara subuhnya itu baru pulang dari mudik, mana paginya ada acara arisan lagi sampe siang hari, enaknya kan meneruskan istirahat ya...tapi karena hari minggu itu ga ada acara lain (padahal mau jalan2 dalam rangka ultah, ga jadi krn ujan..wew) yo wis ngumpul2 bahan, timbang2, aduk2,,,,jadi deh pizza base, tunggu kurleb 1 jam, bentuk, oles saus, tabur toping, panggang..taraaaaaa....udah habis setengah bagian.....huuuuu....seneng krn berhasil apa krn doyan yaa??!! hehehehe.

pizza_4

Hubby bilang siy, yummy banget, udah ga perlu beli2 lagi, anak-anak juga sukanya malah tanpa toping macem2, aduh kan jadi ga kreatif donk ya? tapi krn buat anak2 dan kepengen bikin mereka seneng yo wis, aku ngikutin maunya mereka, plus anak2 dan hubby jg senengnya yg krispi, krenyes2 daripada yg tebel, meskipun begitu seneng banget lah, tantangan kali ini dilewati tanpa kendala...

proses_pizza

Untuk adonan dasar Pizza:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)

1 sdt gula pasir

2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)

garam (tyas pakai 1/4 sdt)

2 sdm minyak zaitun (Tyas pakai minyak makan)

Cara mengolahnya:

Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan.Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat ”ab).Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau
plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.Panaskan oven suhu 210C (415F, Gas Mark 6-7).Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas ”ab).Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya.

berikut laporannya :

  1. suhu air yang dipakai untuk pengembangan ragi harus sesuai, ga boleh terlalu panas, ga boleh dingin jg, kmaren Tyas pake perbandingan 1:1, syukurlah ragi instant yang dipake masih bagus, jadi raginya mengembang sempurna. (di percobaan ke 2 si ragi kurang mengembang, tapi adonan pizza tetep bagus, mengembang sempurna...syukur deh)
  2. setelah menyiapkan bahan kering, masukan raginya sesuai instruksi di resep, diaduk di uleni, ternyata cuman sebentar aja (5 menit) adonan udah ga nempel2, krn kepengen sesuai resep terus diuleni deh sampe 7 menit
  3. diamkan kurleb 1-1,5 jam.....ga ada kerjaan lain, rasanya lama bangett.....disambi nonton tv aja deh akhirnya...begitu liat perkembangannya, tidak mengecewakan....padahal saat itu cuaca dingin loohh
  4. timbang-timbang, bentuk pizza base, taburi toping, panggang....akhirnya jadi juga Pizza pertamaku....Senangnyaaaaa (di percobaan kedua 4 loyang pizza buatanku habis tidak bersisa, sesaat baru dikeluarkan dari oven, potong2 diserbu langsung anak2 dan hubby,,,,ruame nyaa)

terima kasih ya buat KBB, yang udah bikin aku tetep bisa menjaga semangat walo kadang ngerjain PRnya molor melulu.....hehehe

ditunggu tantangan KBB#4.....moga makin semangat !!!












 
5 Comments:


At 31 January, 2008, Blogger Arfi Binsted

ah ga ancur kok jadinya bagus, tyas! weeeeeee... well done ya!

 

At 31 January, 2008, Blogger ezza's

yang mana ancurnya? bagus gitu.. :)

 

At 31 January, 2008, Blogger Sofie

waah...
teh tyas gitu lohh.. :D
bravo teh!!
hayoh semangat nunggu kbb#4

 

At 31 January, 2008, Blogger tie

Teh... cakep ko ga ancurr.... ;)

 

At 01 February, 2008, Blogger Andrie Anne

Piringna cantik, pizzanya apalagi. Bagi dong Bunda. Salam KBB:-)