Sunday, November 30, 2008
posted by tyasjune at 10:20 AM



KBB #8 – Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Tantangan kali ini mengais soal biskuit. Pernah beli Tim-Tam kan, yang itu tuh biskuit vanila/coklat dilapisi coklat? Naaaaaahhh... kenapa ga bikin sendiri? Cobain yang ini ya, silakan compared dengan Tim-Tam!

Tingkat kesulitan: Sedang
Porsi: 12 potong

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.


185g butter, softened / 185g mentega, lunakkan (di suhu ruang)
1 cup caster sugar / 1 cup gula kaster
1 egg / 1 btr telur
2 cups plain flour / 2 cups tepung terigu
½ tsp baking powder / ½ sdt baking powder
1 cup icing sugar / 1 cup gula tepung
1 tsp peppermint flavouring / 1 sdt peppermint flavouring
2 Tbs water / 2 Tbs air
200g dark chocolate (70 per cent cocoa) / 200g dark chocolate (70 per cent cocoa)
1 cup cream / 1 cup krim

Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.

Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 36 x 7 x 5cm. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 56 menit atau hingga kecoklatan. Biarkan dingin di atas loyang tersebut..

Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margari/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.

Happy baking!



------------------------------------------


Itu diatas adalah surat cinta 2 bulanan dari KBB untuk tantangan KBB#8 bulan Desember ini..........ya seneng ya sedih, takut ga bisa ngejar laporan kaya tantangan2 KBB yg lalu........tapi tetep semangat ko, berkat temen2 dimilis jg yang selalu mengobarkan rasa semangat itu...jadi ketularan dehhh.....


kali ini Tyas bikin kukisnya mpe 2 kali, karna yg pertama udah abis buat cemilan padahal belum sampe di coating loohh.....akhirnya bikin lagi untuk ke dua kalinya, diselesaikanlah sampe selesai coating dan foto2........


banyak kekurangan yg Tyas alami,,,,diantaranya :


a. baca resep kurang teliti terutama soal waktu pemanggangan, walhasil 1 loyang gosong deh
b. ngukur ketebalan kukisnya kurang pas....padahal uji coba kedua udah nyiapin ukuran 2mm biar tebelnya sama dan pas, tapi tetep aja tuhh...meninggi deh kukisna
c. hasil akhir kukis tidak memuaskan, yaaa...karna ketebalan tadi yg kurang pas itu, jadi kukisna jg jadi tebel dweehh


tapiiiiiiiiiii.......moga laporan Tyas bisa diterima yaa.....makasi buat semangat KBB, makasi buat info2 dari temen2 KBB jadi setiap mengerjakan tantangan selalu ada referensi........






Sukses terus buat KBB ya !!!
 
4 Comments:


At 01 December, 2008, Blogger Andrie Anne

Hai Bunda...sukses biskuitnya..salam KBB;-)

 

At 01 December, 2008, Blogger Sofie

teh tyaasssss....
apa kabar? duuuh, sono pisan.
siip lah, udah bisa posting lagi di blogspot :D

 

At 04 December, 2008, Blogger nifti

haiii salam kenal en salam KBB

hebad mpe bikin 2x...tapi emang biskuitnya enak cm pas udah dicoating malah bikin ngilu gigi heheh

 

At 04 December, 2008, Blogger tie

Waahhh teteh juga sama yah xixiix , tie juga ketebelan teh makanya cuma di tumpuk dua ;)) , salam KBB teh :)